KEPUASAN IBU HAMIL TERHADAP PELAYANAN ANTENATAL CARE (ANC) DI PUSKESMAS MEBUNG KABUPATEN ALOR
Abstract
Pelayanan antenatal adalah suatu pelayanan kesehatan untuk meningkatkan kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Pelayanan kesehatan ibu dan anak (KIA) ini merupakan salah satu fungsi dari puskesmas. Puskesmas merupakan fasilitas pelayanan kesehatan terdepan yang bertugas untuk mewujudkan masyarakat yang dapat menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu. Pelayanan kesehatan yang bermutu atau berkualitas berhubungan dengan pelayanan kesehatan yang memuaskan pasien. Kepuasan pasien dapat terdampak pada loyalitas pasien tersebut dalam menggunakan fasilitas atau jasa pelayanan. Berdasarkan laporan KIA Puskesmas Mebung tentang KI dan K4 pada tahun 2018 - 2020 menunjukkan adanya penurunan kunjungan antenatal terutama pada tahun 2019 ke tahun 2020. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana deskripsi kepuasan ibu hamil terhadap pelayanan antenatal care (anc) di Puskesmas Mebung Kabupaten Alor. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan observasional deskriptif dan metode pendekatan survei. Jumlah sampel 66 responden dengan sistem pengambilan sampel adalah Insidental Sampling . Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa deskripsi kepuasan ibu hamil pada 5 dimensi dinilai memuaskan. Dimensi tangible s 39 ibu hamil merasa puas (59,1%), dimensi reliability 34 ibu hamil merasa puas (51.5%), dimensi responsiveness 40 ibu hamil merasa puas (60.6%), dimensi assurance 42 ibu hamil merasa puas (63.6%), dan dimensi empathy 41 ibu hamil merasa puas (62.1%). Diharapkan Puskesmas Mebung dapat mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan antenatal care sehingga kepuasan ibu hamil dapat terus meningkat.

