ANALISIS ADOPSI FACEBOOK SEBAGAI MEDIA ONLINE SHOP DENGAN MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL
Abstract
Pengguna internet semakin meningkat membuka peluang untuk berjualan dengan menggunakan media internet. Data dari internet world stats menunjukkan pen gguna facebook di Indonesia sangat banyak sehingga peluang untuk memanfaatkan facebook sebagai media berjualan juga meningkat. Namun setiap teknologi memiliki tingkat adopsi yang berbeda, hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya adalah persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan. Teori yang tepat dalam menguji tingkat adopsi dan faktor - faktor yang mempengaruhi facebook sebagai media online shop adalah teori Technology Acceptance Model (TAM). Technology Acceptance Model merupakan adaptasi dari teori Theory of Reasoned Action (TRA) yang telah disesuaikan dengan model penerimaan sistem informasi oleh pengguna (Davis et al,1989). Populasi yang dipakai dalam penelitian ini adalah para online seller yang sudah menggunakan facebook sebagai media online shop . Sampel akan didapatkan dengan metode non probability purposive ( judgmental ) sampling berdasarkan Neuman (2006). Pengolahan data akan dilakukan dengan metode analisis multi variat. Tujuan dari penelitian ini diharapkan dapat mengetahui secara empirik faktor - faktor mana yang secara signifikan terhadap adopsi facebook sebagai media online shop.

