ANALISIS ADOPSI APLIKASI EVALUASI BELAJAR MENGAJAR DENGAN MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL
Abstract
Universitas Ciputra telah menggunakan evaluasi belajar mengajar secara tertulis, namun untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi, Universitas Ciputra mengembangkan aplikasi evaluasi belajar mengajar secara online , akan tetapi berdasarkan pengamatan dan data dari departemen Human Resources Universitas Ciputra, adopsi aplikasi ini terbilang rendah dibanding dengan cara tertulis. Model yang akan digunakan untuk menjelaskan penerimaan adopsi aplikasi evaluasi belajar mengajar ini adalah Technology Acceptance Model (TAM). Technology Acceptance model (TAM) merupakan teori atau model hasil derivasi dari Theory of Reasoned Action (TRA) yang dipublikasikan oleh Fishben dan Ajzen (1975), yang kemudian diteliti lebih lanjut oleh Davis (1986, 1989). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Ciputra angkatan 2010 dengan metode sampling probability proportional untuk setiap program studi. Analisis data akan menggunakan analisis j. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor – faktor apa yang signifikan berpengaruh terhadap adopsi aplikasi evaluasi belajar mengajar.

