RANCANG BANGUN APLIKASI EDUKASI MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR
Abstract
Mengenalkan matematika kepada anak sejak dini dapat memberikan dampak yang positif bagi mereka. Masalah matematika banyak ditemui di kehidupan sehari- hari, sehingga pengenalan matematika dapat melatih kemampuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pola, berpikir logis dan kritis, dan kemampuan untuk memecahkan masalah. Melihat penting dan banyaknya manfaat yang didapatkan dari matematika, sangat disayangkan jika masih banyak siswa yang sering merasa pembelajaran matematika berlangsung secara kaku tanpa partisipasi aktif dari siswa (Walls, 2005) . Hal ini bertentangan dengan hak anak untuk memiliki kebebasan dalam berekspresi (UNICEF, 2002). Melihat kemajuan teknologi mobile saat ini, adanya aplikasi edukasi matematika yang dapat membawakan materi matematika secara menarik diharapkan dapat menjadi media belajar alternatif bagi siswa. Dengan menggunakan aplikasi ini siswa dapat secara bebas menentukan kecepatan belajar mereka, apa yang mereka pelajari, kapan dan dimana me reka menggunakan aplikasi ini. Pemilihan teknologi mobile juga disebabkan oleh kelebihannya dalam mobilitas dibandingkan dengan platform lain, sehingga siswa dapat menggunakan aplikasi ini kapan saja dan dimana saja. Pada tugas akhir ini akan dibuat sebuah aplikasi edukasi matematika yang disusun dengan beberapa gamifikasi seperti score, reward , dan level yang diharapkan dapat membuat penyampaian materi matematika menjadi lebih menarik. Materi game mengacu pada sumber yang sesuai dengan Standar Isi Matematika Sekolah Dasar yang berlaku dan telah memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran oleh Badan Standar Nasional Pendidikan tahun 2009.

