HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS CIPUTRA
Abstract
Bangsa yang maju, adalah bangsa yang jumlah pengusahanya minimal 2%. Sedangkan Indonesia saat ini, pengusaha nya masih 0,18%. Banyak mahasiswa yang baru saja lulus perguruan tinggi, selalu berpikir untuk mencari pekerjaan, bukan membuat sebuah usaha. Satu hal yang menggerakkan kewirausahaan di Indonesia adalah dengan membangun minat berwirausaha dalam diri anak muda. Minat berwirausaha adalah sebuah kecenderungan seseorang tertarik untuk bekerja dan berusaha, untuk mengembangkan usaha yang mereka bangun. Mereka terus berusaha memberikan nilai tambah untuk orang lain, selalu belajar dari kegagalan yang dialami, serta selalu mencari cara baru untuk memenuhi kebutuhan orang lain, dengan cara memaksimalkan sumber daya yang mereka miliki. Salah satu faktor yang diduga dapat mempengaruhi minat berwirausaha adalah motivasi berprestasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desaon korelasional. Data diperoleh dengan menggunakan skala minat berwirausaha yang diadaptasi dari Pratiwi (2012) dan skala motivasi berprestasi yang diadaptasi dari Diaz (2007). Penelitian dilakukan terhadap 100 mahasiswa dari Fakultas Psikologi Universitas Ciputra. Hasil penelititan ini menunjukkan terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dan minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Ciputra (r = 0,368; p <0,05). Berdasarkan hasil ini, semakin tinggi motivasi berprestasi yang diperoleh individu, maka semakin tinggi pula minat berwirausaha yang dimilikinya. Sebaliknya, semakin rendah motivasi berprestasi yang diperoleh individu, maka semakin rendah minat berwirausaha yang dimiliki individu. Peneliti juga menemukan bahwa aspek inovatif dari motivasi berprestasi, berkorelasi paling kuat terhadap minat berwirausaha. Sedangkan, aspek resiko pemilihan tugas dalam motivasi berprestasi, berkorelasi paling lemah terhadap minat berwirausaha. Peneliti menyarankan kepada perguruan tinggi terkait, untuk lebih sering memberikan contoh contoh inovasi kepada para mahasiswa, serta secara khusus memberikan pelatihan tentang inovasi.

