HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN KONSUMEN DENGAN MINAT MEMBELI KOSMETIK IMPOR KOREA PADA REMAJA
Abstract
Kosmetik telah memiliki arti yang pribadi dalam hidup para konsumen Indonesia. Perusahaan kosmetik impor Korea sekarang salah satu kompetitor industri global yang bersaing secara strategis dengan perusahaan besar lainnya di Indonesia. konsumen-konsumen Indonesia memiliki keberanian untuk mencoba kosmetik impor Korea, namun hanya sebagian memutuskan untuk melakukan pembelian ulang dan lebih sering berpindah brand . Hal ini diduga karena faktor yang mempengaruhi minat membeli konsumen adalah kepuasan konsumen Kosmetik Korea. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepuasan konsumen dan minat membeli ulang k osmetik impor Korea pada remaja . Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan uji korelasional. Popul asinya adalah konsumen remaja kosmetik impor Korea dengan usia 18 - 25 tahun. Peneliti menggunakan teknik pengambilan data non - probability sampling berupa snowball sampling . Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 45 subyek. Alat ukur yang digunakan merupakan susunan peneliti berdasarkan aspek minat membeli yaitu moti vasi kegunaan, motivasi hedonis dan kondisi sosial budaya. Sedangkan alat ukur kepuasan disusun berdasarkan aspek - aspek kepuasan konsumen yaitu pengalaman membeli dan memakai p roduk, reputasi perusahaan dan opini konsumen lain. Pengujian menggunakan uji korelasi Spearman rank - test. Kesimpulan penelitian ini ialah terdapat hubungan yang signif ikan antara kepuasan konsumen d an minat membeli ulang kosmetik Korea pada remaja ( p - value = 0.0002385; rho = 0.5215999). P enelitian ini membantu konsumen untuk menjadi konsumen yang mampu memperoleh dan menginterpretasi informasi yang relevan dan bisa dipercaya karena berpengaruh terhadap kepuasan dan minat membeli konsumen. Selanjutnya, konsume n yang proaktif menyampaikan opini dapat membantu perusahaan dalam pengembangan produk

