HUBUNGAN ANTARA FAKTOR KEPRIBADIAN BIG FIVE DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA KARYAWAN DI “PT. X

View/ Open
Date
2015Author
HARTOJO, Nur Dwi Robbianti Indah Dewi Wati Setyo
Metadata
Show full item recordAbstract
Perusahaan memerlukan karyawan yang produktif untuk mampu bersaing di era global. Oleh sebab itu diperlukan organizational citizenship behavior dalam perusahaan. Akan tetapi masih banyak karyawan yang kurang menyadari pentingnya OCB dalam bekerja. Masih ada karyawan yang mencuri atau korupsi untuk kepentingan pribadi, bolos atau telat, bahkan ada yang berperilaku kasar kepada konsumen. Faktor yang di duga mempengaruhi OCB salah satunya adalah kepribadi an, seperti kepribadian big five. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain korelasional dan menggunakan teknik accidental sampling . Data kepribadian big five diadaptasi dari Sari (2010) dan data OCB diadaptasi dari Gunawan (2010). Subjek yang berpartisipasi dalam penelitian ini berjumlah 24 orang karyawan dari berbagai divisi di PT. X. Hasil penelitian menunjukan dua aspek dari kepribadian big five yaitu emotional stability dan extraversion ti dak berhungan dengan OCB, sedangkan tiga aspek dari kepribadian big five, openness to experience agreeableness dan conscientiousness berhubungan positif dan signitifikan dengan OCB. Berdasarkan hasil dari penelitian berarti semakin tinggi agreeableness dan conscientiousness , maka semakin tinggi OCB yang dimiliki oleh karyawan. Selain itu wanita dan usia tua juga berperan dalam tingginya tingkat OCB yang dimiliki oleh karyawan. Berdasarkan korelasi positif antara openness to experience, agreeableness, conscientiousness peneliti menyarankan karyawan agar mampu mempertahankan dan terus meningkatkan sikap openness to experience, agreeableness, conscientiousness yang telah dimiliki. Selain itu karyawan perlu saling terbuka akan informasi dan tidak mengharap reward dari perusahaan
