RANCANG BANGUN APLIKASI EDUKASI MENGGUNAKAN TEKNIK SIGHT-READING UNTUK ANAK-ANAK
Abstract
Musik merupakan salah satu bentuk seni yang digemari oleh anak-anak. Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh anak dalam mempelajari musik adalah kesulitan dalam membaca partitur secara cepat ( sight-reading ). Masalah ini dikarenakan pembelajaran dasar teori musik umumnya cenderung membosankan bagi anak-anak. Di lain sisi, salah satu sifat mendasar anak-anak adalah suka bermain. Selain itu, anak-anak pada zaman sekarang sudah banyak mengenal dan menyukai permainan yang berbentuk aplikasi mobile. Sayangnya, permainan musik berbasis mobile yang sudah ada cenderung ditujukan untuk orang dewasa sehingga tampilannya kurang menarik untuk anak-anak. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut, proposal ini disusun berdasarkan perancangan aplikasi “ Adventure in MusicLand” , yaitu aplikasi edukasi teori musik yang dirancang khusus bagi anak berusia 9-13 tahu n . Materi yang digunakan untuk aplikasi ini mengacu pada buku “ Sight - Reading for Young Pianists ”, “ Theory Drills for Young Children ”, dan “ First Steps in Music Theory Grades 1 to 5 ” yang telah disesuaikan dengan kurikulum The Associated Board of the Royal Schools of Music (ABRSM). Aplikasi ini juga menerapkan algoritma Fisher - Yates shuffle untuk pengacakan soal dan juga prinsip decision tree untuk pemilihan soal berdasarkan bobot yang disesuaikan dengan kemampuan anak. Pembuatan tugas akhir ini menggunakan pendekatan SDLC yang diawali dengan studi literatur, lalu dilanjutkan dengan analisis aplikasi, pengujian aplikasi, pembuatan kesimpulan, dan penulisan laporan. Berdasarkan pengujian perceived playfulness yang telah dilakukan terhadap 10 responden, aplikas i ini berhasil menjadi media pembelajaran teknik sight - reading yang menyenangka n bagi anak berusia 9 – 13 tahun.

