FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSI APLIKASI EDMODO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
Abstract
Perkembangan internet yang semakin pesat membuat media pembelajaran berbasis IT menjadi sangat dibutuhkan. Salah satu metode pembelajaran dengan menggunakan internet adalah e-learning . Universitas Ciputra telah menggunakan metode e-learning sebagai media pembelajaran salah satunya dengan menggunakan aplikasi edmodo. Dengan menggunakan edmodo maka akan meningkatkan efektifitas dalam proses belajar, namun setiap teknologi memiliki tingkat adopsi yang berbeda, hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kegunaan. Teori yang tepat untuk menguji tingkat adopsi dan faktor-faktor yang mempengaruhi edmodo sebagai media pembelajaran adalah teori Technology Acceptance Model (TAM) yang diteliti oleh Davis (1989). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Ciputra angkatan 2012-2013 yang menggunakan edmodo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang signifikan mempengaruhi adopsi aplikasi edmodo sebagai media pembelajaran.

