Analisis Expectation-Confirmation Model dengan Extented Variable Adaptation dan Trust pada Penggunaan GoSend
Abstract
Gojek merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa layanan di Indonesia. Menurut Lembaga Demografi FEB UI konsumen percaya bahwa penggunaan aplikasi Gojek dapat meningkatkan produktivitas sehari-hari. Gojek memiliki mitra dibidang layanan jasa antar barang dalam jarak dekat (dalam kota) yang bernama Go Send. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu variabel yang memiliki pengaruh signifikan menggunakan model Expectation-Confirmation Model (ECM) dengan extended variable yaitu Adaptation dan Trust . Penelitian ini menganalisis pengaruh Confirmation, Satisfaction dan Perceived Usefulness terhadap keberlanjutan untuk terus menggunakan Go Send dengan tambahan variabel Trust dan Adoption. Hal pertama yang dilakukan untuk membantu menyelesaikan problem dari data analisis ini adalah pengumpulan data kuantitatif dalam bentuk data primer menggunakan Google Form yang akan disebarkan kepada pengguna layanan Go Send di Surabaya. Setelah terkumpul 164 data responden selanjutnya akan dilakukan data preprocessing (exploratory data analysis dan pengecekan missing value) dan data analisis dengan bantuan Google Colab. Partial Least Squares Structural Equation Modeling akan digunakan untuk mengukur pengaruh signifikan pada variabel yang sudah ditetapkan. Hasil dari penelitian ini menetapkan dari 11 hipotesis yang sudah dibuat terdapat 2 hipotesis yang tidak memiliki pengaruh signifikan. Dapat disimpulkan bahwa persepsi pengguna mengenai kegunaan dan kepuasan sangat penting dalam menentukan pengguna untuk memutuskan terus menggunakan Go Send

