ENTREPRENEURIAL INTENTION DITINJAU DARI ENTREPRENEURIAL MOTIVATION DAN EDUCATION MAHASISWA MANAJEMEN UNIVERSITAS CIPUTRA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari entrepreneurial motivation dan entrepreneurship education terhadap entrepreneurial intention pada Fakultas Manajemen Bisnis Universitas Ciputra. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 93 orang mahasiswa. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif, menggunakan teknik random sampling dan pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi pearson, cronbach alpha, analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan uji asumsi klasik. Hasil analisis regresi yang didapat adalah Ŷ = 0,750 + 0,585X1 + 0,240 X2, yang artinya entrepreneurial intention dipengaruhi oleh entrepreneurial motivation dan entrepreneurship education. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: 1) entrepreneurial motivation berpengaruh positif dan signifikan terhadap entrepreneurial intention, hal ini dapat dilihat dari hasil analisis regresi berganda (uji t) diketahui thitung > ttabel (5,331 > 1,818) dan nilai signifikansi < 0,05 (0,000). 2) entrepreneurship education berpengaruh positif dan signifikan terhadap entrepreneurial intention, hal ini dapat dilihat dari hasil analisis regresi berganda (uji t) diketahui thitung > ttabel, (3,077 > 1,818) dan nilai signifikansi < 0,05 (0,003). 3) entrepreneurial motivation dan entrepreneurship education bersama-sama memiliki pengaruh yang kuat dan searah dengan entrepreneurial intention (44,6%). 54,4% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.