• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Lecture Papers
    • Lecture Papers National Published Articles
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Lecture Papers
    • Lecture Papers National Published Articles
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Rancang Bangun Permainan Guitared untuk Pembelajaran Gitar Berbasis Android

    Thumbnail
    View/Open
    Cover, TOC, Full Paper (2.584Mb)
    Peer Review (283.2Kb)
    Plagiarism (3.112Mb)
    Date
    2015-06-26
    Author
    Setiawan, Adelia
    Wahyudi, Stephanus Eko
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proyek ini tentang pembuatan perangkat lunak untuk mengajarkan memainkan picking, strumming dan palm mute pada gitar. Ada banyak aplikasi yang dapat ditemukan dalam Google Play Store, diantaranya ada permainan dengan sub-kategori music. Pada tahun 2014, setelah melihat dari total 127 permainan dari bagian top paid maupun top free pada sub-kategori tersebut, tidak ada permainan dengan alat musik gitar yang mengajarkan teknik picking, strumming dan palm mute bersamaan dengan memainkan lagu. Maka dari itu tercetuslah ide untuk membuat permainan yang memberikan hal-hal tersebut. Permainan ini juga menyediakan tiga macam gitar yaitu akustik, elektrik dan bass. Android akan dijadikan dasar platform pengembangan perangkat lunak ini karena jumlah penggunanya yang sekarang sudah semakin banyak. Cara bermain permainan ini adalah dengan mengikuti command berupa simbol-simbol yang muncul mengikuti lagu yang sedang dimainkan. Input untuk menghasilkan nilai permainan akan didapatkan pada saat pengguna memainkan dengan cara menggeser, menyentuhkan jari pada gambar senar dengan satu maupun lebih jari. Setelah lagu selesai, maka akan dimuculkan nilai akhir, saran dan rekomendasi untuk permainan gitarnya. Nilai ini dapat di share pada media sosial Facebook. Untuk membuat desain permainan, dilakukan analisa kebutuhan terlebih dahulu untuk menentukan fitur dalam permainan. Setelah melakukan desain sistem dan desain permainan, maka dilakukan implementasi dengan cara membuat permainan hingga selesai. Setelah itu, dilakukan dua macam pengujian, yaitu uji verifikasi dan uji validasi. Dari pengujian tersebut, maka didapatkan kesimpulan bahwa tidak ada kesalahan pada pemrograman dan skenario, dan tujuan dari perancangan ini yaitu untuk membantu pembelajaran teknik picking, strumming dan palm mute pada gitar tercapai, dengan peningkatan teori sejumlah 60% dan kemampuan sejumlah 56.67%.
    URI
    http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1074
    Collections
    • Lecture Papers National Published Articles

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire