dc.description.abstract | Proyek ini tentang pembuatan perangkat lunak untuk mengajarkan memainkan picking,
strumming dan palm mute pada gitar. Ada banyak aplikasi yang dapat ditemukan dalam Google
Play Store, diantaranya ada permainan dengan sub-kategori music. Pada tahun 2014, setelah
melihat dari total 127 permainan dari bagian top paid maupun top free pada sub-kategori
tersebut, tidak ada permainan dengan alat musik gitar yang mengajarkan teknik picking,
strumming dan palm mute bersamaan dengan memainkan lagu. Maka dari itu tercetuslah ide
untuk membuat permainan yang memberikan hal-hal tersebut. Permainan ini juga menyediakan
tiga macam gitar yaitu akustik, elektrik dan bass. Android akan dijadikan dasar platform
pengembangan perangkat lunak ini karena jumlah penggunanya yang sekarang sudah semakin
banyak. Cara bermain permainan ini adalah dengan mengikuti command berupa simbol-simbol
yang muncul mengikuti lagu yang sedang dimainkan. Input untuk menghasilkan nilai
permainan akan didapatkan pada saat pengguna memainkan dengan cara menggeser,
menyentuhkan jari pada gambar senar dengan satu maupun lebih jari. Setelah lagu selesai, maka
akan dimuculkan nilai akhir, saran dan rekomendasi untuk permainan gitarnya. Nilai ini dapat
di share pada media sosial Facebook. Untuk membuat desain permainan, dilakukan analisa
kebutuhan terlebih dahulu untuk menentukan fitur dalam permainan. Setelah melakukan desain
sistem dan desain permainan, maka dilakukan implementasi dengan cara membuat permainan
hingga selesai. Setelah itu, dilakukan dua macam pengujian, yaitu uji verifikasi dan uji validasi.
Dari pengujian tersebut, maka didapatkan kesimpulan bahwa tidak ada kesalahan pada
pemrograman dan skenario, dan tujuan dari perancangan ini yaitu untuk membantu
pembelajaran teknik picking, strumming dan palm mute pada gitar tercapai, dengan peningkatan
teori sejumlah 60% dan kemampuan sejumlah 56.67%. | en_US |