Show simple item record

dc.contributor.authorMarlina, Maria Assumpta Evi
dc.contributor.authorMaichal, Maichal
dc.date.accessioned2018-03-02T04:26:16Z
dc.date.available2018-03-02T04:26:16Z
dc.date.issued2017-10-30
dc.identifier.issn2085-9643
dc.identifier.urihttps://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1244
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan untuk menggali persepsi mahasiswa Program Studi Akuntansi terhadap pengalamannya mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan metode accounting active learning (AAL) dan hasil pembelajarannya. Metode AAL merupakan metode pemnbelajaran akuntansi yang mengintegrasikan pendidikan akuntansi dengan pendidikan entrepreneurship. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan menggunakan triadic model Rae yang digunakan peneliti sebagai alat bantu dalam melakukan analisis. Informan dalam penelitian ini adalah tujuh mahasiswa yang telah melalui proses pembelajaran AAL sejak semester satu hingga semester tujuh. Data diperoleh dengan melakukan forum group discussion, yang pertanyaannya diarahkan untuk menggali pengalaman dari informan selama mengikuti proses pembelajaran AAL serta penerapannya terhadap hasil pembelajaran yang didapatkan informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui metode AAL, mampu memberi dampak positif bagi mahasiswa dalam hal: pembentukan identitas diri yang entrepreneurial; mendapatkan pengalaman unik menjadi entrepreneur dalam menjalankan projek bisnis melalui proses pembelajaran kontekstual; dan pemahaman terhadap pentingnya kinerja entrepreneur untuk jangka panjang melalui proses negotiated entreprise. Keberhasilan proses AAL sangat dipengaruhi oleh integrase antara mahasiswa, orang tua, dan institusi. Tiga elemen tersebut harus secara bersamaan mempunyai tujuan dan tindakan yang sama untuk mencapai keberhasilan pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherTim Jurnal Akrual Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi UNESAen_US
dc.subjectAccounting Active Learning, Entrepreneurial Learning, Entrepreneurial University, integrasi pembelajaran akuntansi, pendidikan akuntansien_US
dc.titleAccounting Active Learning dan Hasil Pembelajarannya: Studi Kasus pada Universitas Berbasis Kewirausahaanen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record