• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Lecture Papers
    • Lecture Papers National Published Articles
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Lecture Papers
    • Lecture Papers National Published Articles
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Accounting Active Learning dan Hasil Pembelajarannya: Studi Kasus pada Universitas Berbasis Kewirausahaan

    Thumbnail
    View/Open
    Abstract (227.3Kb)
    Cover, ToC, Full Paper (743.5Kb)
    Peer Review (347.4Kb)
    Plagiarism (4.599Mb)
    Date
    2017-10-30
    Author
    Marlina, Maria Assumpta Evi
    Maichal, Maichal
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan untuk menggali persepsi mahasiswa Program Studi Akuntansi terhadap pengalamannya mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan metode accounting active learning (AAL) dan hasil pembelajarannya. Metode AAL merupakan metode pemnbelajaran akuntansi yang mengintegrasikan pendidikan akuntansi dengan pendidikan entrepreneurship. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan menggunakan triadic model Rae yang digunakan peneliti sebagai alat bantu dalam melakukan analisis. Informan dalam penelitian ini adalah tujuh mahasiswa yang telah melalui proses pembelajaran AAL sejak semester satu hingga semester tujuh. Data diperoleh dengan melakukan forum group discussion, yang pertanyaannya diarahkan untuk menggali pengalaman dari informan selama mengikuti proses pembelajaran AAL serta penerapannya terhadap hasil pembelajaran yang didapatkan informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui metode AAL, mampu memberi dampak positif bagi mahasiswa dalam hal: pembentukan identitas diri yang entrepreneurial; mendapatkan pengalaman unik menjadi entrepreneur dalam menjalankan projek bisnis melalui proses pembelajaran kontekstual; dan pemahaman terhadap pentingnya kinerja entrepreneur untuk jangka panjang melalui proses negotiated entreprise. Keberhasilan proses AAL sangat dipengaruhi oleh integrase antara mahasiswa, orang tua, dan institusi. Tiga elemen tersebut harus secara bersamaan mempunyai tujuan dan tindakan yang sama untuk mencapai keberhasilan pembelajaran.
    URI
    https://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1244
    Collections
    • Lecture Papers National Published Articles

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire