PERANCANGAN BRAND CAMPAIGN UNTUK BISNIS ONE POSE CAFE BESERTA MEDIA PROMOSINYA
Abstract
Penelitian dilakukan untuk mengetahui besarnya dampak yang diberikan
dalam perancangan kampanye merk berserta media promosinya. Media promosi
yang akan dibahas dalam penelitian ini antara lain: media cetak, media sosial,
dan media interaksi. Perancangan media tersebut didasari oleh gaya design pop
art. Pemilihan gaya design pop art dilandasi dengan penelitian dari kuisioner
yang dibagikan di One Pose Café. Dimana pengunjung yang mendominasi
adalah wanita remaja yang berusia 17 – 22 tahun (Generasi Z). Berangkat dari
pengetahuan tersebut penggunaan gaya design pop art diberbagai design media
promosi disesuaikan dengan sifat dan kebiasaan generasi Z. Generasi tersebut
memiliki jiwa yang bebas, dan perilaku yang berani. Anne Massey mengatakan
dalam bukunya Pop Art and design (2017), bahwa pop art memiliki gaya design
yang bebas, berani, dan memandang budaya komersil sebagai materi mentah,
sebagai sumber ide yang tidak pernah habis. Menurut hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa One Pose café akan menggunakan gaya design pop art
sebagai panutan. One Pose juga akan menggunakan media promosi yang sering
digunakan oleh Generasi Z. Media yang paling sering digunakan pada generasi Z
adalah instagram dan LINE chat. One Pose café akan menggunakan kedua
media digital tersebut sebagai media promosi utama dalam menyampaikan
pesan kepada sasaran pasar yang dituju. Untuk meningkatkan minat dan
pengenalan merk One Pose café kepada sasaran pasar maka diciptakanlah
mascot beruang. Maskot juga digunakan disemua media promosi untuk
memudahkan pengenalan merk dan memperluas penjangkauan merk One Pose
café kepada calon pelanggan.
