PENGARUH PENGGUNAAN FITUR INSTAGRAM TERHADAP HAPPINESS EMERGING ADULTHOOD DENGAN PRESENCE SEBAGAI MEDIATOR
Abstract
Penelitian ini bertujuan menelaah pengaruh penggunaan fitur Instagram dan
presence sebagai mediator terhadap happiness pada emerging adulthood. Subjek
penelitian berjumlah 548 emerging adulthood pengguna Instagram dan
menggunakan teknik convenience sampling. Metode penelitian yang digunakan
adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kausal. Penelitian ini
menggunakan skala penggunaan fitur Instagram dan presence dari Kircaburun dan
Griffiths (2018), happiness dari Hills & Argyle (2002). Reliabilitas skala
penggunaan fitur Instagram dalam penelitian ini adalah 0,703. Reliabilitas skala
presence adalah 0,597 - 0,941 dan reliabilitas skala happiness adalah 0,908. Hasil
penelitian menunjukkan presence yang memediasi secara penuh adalah social
presence dan hasil tes Sobel menunjukkan nilai z = 7,20 (z > 1,96; p < 0,05).
Penggunaan fitur Instagram memiliki pengaruh signifikan sebesar 12,6% terhadap
happiness (R2 = 0,126; p = 0,000).
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
INSTAGRAM VISUAL STRATEGIES: KEY TO COMMUNICATE BRAND VALUE (STUDI KASUS: INSTAGRAM DKV UNIVERSITAS CIPUTRA)
Indriati, Lisa (2020-11-25)Perkembangan pengguna media sosial yang signifikan mempengaruhi strategi komunikasi pada media sosial berbasis gambar yaitu Instagram. Untuk mengkomunikasikan brand value maka diperlukan visual yang tidak saja menarik namun ... -
PENGARUH PESAN KAMPANYE #BEAUTYINJOY DI INSTAGRAM TERHADAP BRAND IMAGE BARE N B LISS (penelitian terhadap followers akun instagram @barenbliss_id)
Gunawan, Vina (Universitas Ciputra, 2023-03-06)Bare n bliss merupakan brand kosmetika yang berasal dari Korea dan baru saja melebarkan sayapnya di Indonesia sekitar pertengahan tahun 2021. Bare and Bliss membuat kampanye #BeautyInJoy di social media diantaranya adalah ... -
THE IMPACT OF THE USE OF INSTAGRAM, FACEBOOK, AND CELEBRITIES ENDORSEMENT AS MODERATING VARIABLE TOWARDS SALES OF BABY AND KIDS WEAR BUSINESS IN SURABAYA
Kawotjo, Gabriella Giovanny (Universitas Ciputra, 2018)The purpose of this study is to find out which online promotion is more effective for baby and kids wear business in Surabaya. Online promotions that included in this research are Instagram, Facebook, and Endorsement as ...
