PENGARUH PENGGUNAAN FITUR INSTAGRAM TERHADAP HAPPINESS EMERGING ADULTHOOD DENGAN PRESENCE SEBAGAI MEDIATOR
Abstract
Penelitian ini bertujuan menelaah pengaruh penggunaan fitur Instagram dan
presence sebagai mediator terhadap happiness pada emerging adulthood. Subjek
penelitian berjumlah 548 emerging adulthood pengguna Instagram dan
menggunakan teknik convenience sampling. Metode penelitian yang digunakan
adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kausal. Penelitian ini
menggunakan skala penggunaan fitur Instagram dan presence dari Kircaburun dan
Griffiths (2018), happiness dari Hills & Argyle (2002). Reliabilitas skala
penggunaan fitur Instagram dalam penelitian ini adalah 0,703. Reliabilitas skala
presence adalah 0,597 - 0,941 dan reliabilitas skala happiness adalah 0,908. Hasil
penelitian menunjukkan presence yang memediasi secara penuh adalah social
presence dan hasil tes Sobel menunjukkan nilai z = 7,20 (z > 1,96; p < 0,05).
Penggunaan fitur Instagram memiliki pengaruh signifikan sebesar 12,6% terhadap
happiness (R2 = 0,126; p = 0,000).
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
INSTAGRAM VISUAL STRATEGIES: KEY TO COMMUNICATE BRAND VALUE (STUDI KASUS: INSTAGRAM DKV UNIVERSITAS CIPUTRA)
Indriati, Lisa (2020-11-25)Perkembangan pengguna media sosial yang signifikan mempengaruhi strategi komunikasi pada media sosial berbasis gambar yaitu Instagram. Untuk mengkomunikasikan brand value maka diperlukan visual yang tidak saja menarik namun ... -
The Analysis of Instagram Technology Adoption as Marketing Tools by Small Medium Enterprise
Wiradinata, Trianggoro; Iswandi, Bobby (Department of Electrical Engineering Universitas Diponegoro & IEEE, 2016-10-19)In today’s technology driven world, not all technologies could be adopted easily. There are many factors that affect its level of adoption; the most common factors are the perception of usefulness and perceived ease of ... -
PENGARUH CONTEXTDAN COMMUNICATION DI INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELi KONSUMEN IKIPIE CBEESEPIE
Clarissa Horas, Cindy (Universitas Ciputra, 2018)PENGARUH CONTEXT DAN COMMUNICATION DI INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN IKIPIE CHEESEPIE . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah cara penyampaian komunikasi pemasaran Ikipie Cheesepie melalui ...