ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MANGGALA TOURS CEPU
Abstract
Industri pariwisata merupakan peluang bisnis yang paling menjanjikan, didukung dengan jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia dari tahun ke tahun berikutnya terus mengalami peningkatan dan menjadikan pariwisata sebagai sumber perolehan devisa terbesar di Indonesia, tentu saja hal ini membuat masyarakat Indonesia untuk mendirikan bisnis dalam sektor pariwisata dan pasti membuat persaingan bisnis semakin kompetitif.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik penyebaran kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknikpengambilan sampel jenuh dengan jumlah 55orang yang pernah melakukan pembelian di Manggala Tours Cepu sebagai responden. Metode pengumpulan data menggunakan analisis regersi linier berganda yaitu uji t dan uji F, serta melakukan uji asumsi klasik dan uji korelasi dan koefisiensi determinasi.
Dari hasil uji t pada variabel Kualitas Pelayanan dengan nilai signifikan 0,009<0,05 yang berarti Kualitas Pelayananberpengaruh secara parsial terhadap Keputusan Pembelian. Variabel Harga mempunyai nilai signifikan0,002<0,05maka dari itu dapat disimpulkan bahwa Harga berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan Pembelian. Selain itu,hasil uji F dengan nilai0,001<0,05yang artinya Kualitas Pelayanan dan Harga berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian pada Manggala Tours Cepu.
