PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP WORD OF MOUTH DI RESTORAN MR.WAYAN BY THE SEA KUTA BALI
Abstract
Mr.Wayan By The sea Kuta berdiri sejak 24 Mei 2019 merupakan restoran yang berada di Beachwalk shopping center, Jl.Pantai Kuta, Bali. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberlangsungan bisnis tersebut adalah kepuasan konsumen terhadap kualitas produk. Agar konsumen memiliki loyalitas terhadap restoran, maka restoran itu sendiri harus memiliki strategi dalam pemasarannya. Jika konsumen merasa terpenuhi kepuasannya maka konsumen akan melakukan transaksi secara berulang atau merekomendasikan restoran tersebut kepada relasinya. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap variabel kepuasan konsumen dan Word of Mouth di restoran Mr.Wayan By The Sea Bali; untuk menganalisis pengaruh kepuasan konsumen terhadap Word of Mouth di restoran Mr.Wayan By The Sea Bali; serta untuk menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap Word of Mouth dengan di mediasi oleh kepuasan konsumen di restoran Mr.Wayan By The Sea Bali.
Jenis penelitian adalah penelitian eksplanatori (explanatory reesearch) dengan pendekatan metode kuantitatif . Teknik pengambilan sampel dengan teknik accidential sampling. Ukuran sampel yang dipakai yaitu jenis multivariate. Populasi sampel adalah konsumen di restoran Mr.Wayan By The Sea Bali sebanyak 160 responden. Teknik analisis data menggunakan The Structural Equation Model (SEM) dengan alat Bantu Smart Partial Least Square (PLS).
Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa variabel Kualitas produk berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen dan Word of Mouth di restoran Mr.Wayan By The Sea Bali; variabel Kepuasan konsumen berpengaruh terhadap Word of Mouth di restoran Mr.Wayan By The Sea Bali; serta variabel Kepuasan konsumen memediasi pengaruh kualitas produk terhadap Word of Mouth di restoran Mr.Wayan By The Sea Bali.
