Perancangan Brand Identity dan Media Promosi Online untuk Meningkatkan Daya Tarik akan Produk Handmade Plaster Air Freshener "Mysa"
Abstract
Perancangan ini dilakukan bertujuan untuk memperkenalkan brand baru Mysa kepada masyarakat khususnya di Surabaya, dengan cara melakukan perancangan brand identity dan pemilihan media promosi online yang efektif. Mysa merupakan bisnis yang memberikan produk dekorasi yang tidak hanya memberikan nilai estetika saja namun memberikan kegunaan sebagai pengharum. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Metode penelitian kualitatif berupa wawancara extreme dan expert user untuk mengetahui tanggapan atau pendapat mengenai uji coba visualisasi desain Mysa dan juga penelitian didukung oleh studi literatur melalui buku maupun jurnal ilmiah yang terkait. Metode penelitian kuantitatif berupa pembagian kuisioner online kepada 50 responden yang berdomisili di Surabaya, bertujuan untuk mengetahui hal - hal yang dapat meningkatkan daya tarik calon target pasar khusunya dalam penggunaan media promosi online. Pemilihanmedia promosi yang tepat tentunya dapat meningkatkan awareness masyarakat akan brand maupun produk. Hasil perancangan yang didapatkan oleh Mysa melalui brand identity dan media promosi online adalah didapati bahwa terdapat respon positif dari calon target pasar dan adanya daya tarik masyarakat untuk mengetahui brand maupun produk dari Mysa. Dengan penggunaan gaya desain clean, modern dan minimlais tentunya dapat menarik perhatian masyarakat modern saat ini yang mulai memiliki selera yang tinggi akan desain dan kreativitas. Selain itu yang didapatkan menunjukan bahwa daya tarik brand Mysa terbangun dari pengguna media promosi online instagram seperti mengadakan giveaway dan juga memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Instagram semaksimal mungkin denfan cara memberikan foto dan video yang menarik.