PERANCANGAN BRAND ACTIVATION DAN MEDIA PROMOSINYA UNTUK BISNIS “ARLENE KIDS CORNER”
Abstract
Teknologi mengalami perkembangan yang pesat saat ini. Salah satu bentuk nyata teknologi adalah gadget. Gadget merupakan teknologi yang dapat mempermudah manusia dalam menjalani aktivitasnya. Namun maraknya penggunaan gadget dapat mengubah perilaku manusia terutama orang tua dan anak saat ini. Pemanfaatan gadget bagi orang tua dapat membantu mereka dalam mengasuh anak dengan mudah. Anak diarahkan untuk menggunakan gadget agar tidak mengganggu aktivitas lain yang dilakukan orang tua. Hal ini menyebabkan anak tidak dapat mengembangkan potensinya secara maksimal. Sehingga anak membutuhkan aktivitas atau fasilitas yang mendukung untuk perkembangannya. Salah satu caranya dengan adanya bisnis Arlene Kids Corner yang menyediakan fasilitas bermain sambil belajar untuk anak. Namun dalam perkembangannya, banyak dari masyarakat yang belum mengenal Arlene Kids Corner, penjualan masih kurang dan masyarakat masih memiliki keraguan mengenai layanan dan fasilitas yang ditawarkan. Sehingga dibutuhkan perancangan brand activation dan desain media promosi untuk Arlene Kids Corner yang bertujuan untuk mengenalkan dan meningkatkan brand awareness ke masyarakat luas. Solusi yang didapat adalah perancangan brand activation dengan tema Enchanted Kiddy Land. Konsep brand activation ini diharapkan anak-anak dapat terpesona dan senang saat menikmati permainan dan kegiatan edukatif dari kids corner tersebut. Sehingga konsep desain yang dibuat akan disesuaikan dengan target konsumen yaitu anak-anak dan value dari brand activation kali ini berupa gaya desain minimalis beserta elemen desain dengan teknik ilustrasi. Brand activation dilakukan melalui sebuah acara atau pameran langsung (offline) berupa interactive booth sehingga calon customer bisa berinteraksi maupun merasakan secara langsung layanan dan fasilitas yang ditawarkan Arlene Kids Corner. Namun, jika kondisi untuk pelaksanaan acara atau pameran tidak dapat terlaksana, maka Arlene Kids Corner akan membuat brand activation secara online. Dalam pengujian desain dan strategi brand activation, dilakukan pengumpulan data kualitatif dengan melakukan wawancara terhadap 3 expert user dan 3 extreme user beserta penggalian data berupa studi literatur melalui buku dan jurnal. Media promosi yang digunakan dalam perancangan brand activation Arlene Kids Corner lebih menonjolkan promosi melalui media sosial. Karena media sosial merupakan media yang efektif dalam mencapai target market yang lebih luas. Perancangan brand activation dengan tema Enchanted Kiddy Land beserta media promosinya didapati efektif dalam mengenalkan dan meningkatkan brand awareness Arlene Kids Corner.
