PERANCANGAN BRAND CAMPAIGN DAN MEDIA PROMOSI UNTUK 504SLOWBAR
Abstract
“PERANCANGAN BRAND CAMPAIGN DAN MEDIA PROMOSI UNTUK
504SLOWBARS”
Perancangan ini di buat dalam rangka pembuatan brand campaign dan media
promosi untuk 504slowbars sehingga dapat meningkatkan brand awareness. 504slowbars
meruoakan bisnis yang bergerang di bidang food and beverage yang sudah berdiri dari
Oktober 2018, produk yang ditawarkan berupa minuman berbahan dasar kopi dan juga non
kopi. Metode penelitian yang digunakan untuk memperoleh data primer yaitu wawancara
kepana narasumber expert user dan extreme user dan juga kuesioner online yang dibagikan
kepada pelanggan 504slowbars. Metode penelitian yang digunakan untuk mendapatkan
data sekunder yaitu dengan studi literatur, artikel jurnal, dan buku. Hasil penelitian kemudian
dijadikan solusi untuk pembuatan brand campaign 504slowbars yang berkonsep
menyampaikan kualitas dengan bercanda dengan tema memperkenalkan industry specialty
coffee kepada masyarakan lingkungan 504slowbars. Tema ini akan membahas mengenai
cerita, berita, ilmu, dan pengetahuan seputar industry specialty coffee tersebut dan akan
disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami bagi para pembaca. Dalam rangka
meningkatkan brand awareness, tujuan dari dibuatnya brand campaign ini yaitu terciptanya
electronic word of mouth (eWOM) di antara para audience dan konsumen. Gaya desain
yang digunakan adalah modern illustration sehingga dapat mendukung kesan bercanda dan
memberikan tampilan yang terlihat lebih fun dan bebas. Komunikasi brand campaign
504slowbars kepada target konsumen dilakukan menggunakan teori Integrated Marketing
Communication (IMC) yang didalamnya terdapat media Above The Line (ATL), media
Bellow The Line (BTL), dan juga media eMarketing. Tahapan komunikasi brand campaign
504slowbars akan dilakukan secara online dan offline. Secara online media yang akan
digunakan berupa Instagram, yang berisikan konten dan komik, dan Instagram ads yang
berisikan video seputar industry specialty coffee. sedangkan untuk offline akan
menggunakan merchandise berupa sticker, post-card, dan voucher yang sudah
dipersiapkan oleh 504slowbars.