PERANCANGAN VISUALISASI DAN MEDIA PROMOSI PERMAINAN EDUKASI INTERAKTIF “LITTLE DREAMS” UNTUK MENANAMKAN NILAI KARAKTER PADA ANAK USIA 3-6 TAHUN
Abstract
“PERANCANGAN MEDIA PERMAINAN EDUKASI INTERAKTIF
“LITTLE DREAMS” UNTUK MENANAMKAN NILAI KARAKTER
PADA ANAK”
Perancangan media permainan edukasi “Little Dreams” ini ditujukan bagi
anak-anak berusia 3-6 tahun, agar anak mengenal pentingnya nilai-nilai karakter
yang baik sejak dini. Media yang dibuat berupa sebuah media permainan peran
mikro, dengan bentuk boneka, dan sebuah buku panduan untuk membantu anak
mencapai tujuan dalam permainan. Diharapkan, media permainan ini dapat
dikembangkan lebih lanjut untuk dipasarkan kepada masyarakat, sehingga dalam
perancangan ini juga dibuat sebuah konsep promosi yang bertujuan untuk
meningkatkan awareness masyarakat terhadap produk.
Dalam pembuatan perancangan ini digunakan model teoritik 3D (Define,
Data, dan Design) (Moeljadi Pranata, 2010), dengan menggunakan pendekatan
keilmuan atau ilmiah. Berdasarkan konsep perancangan, sudah dihasilkan
prototipe produk yang dibutuhkan serta media promosi untuk menunjang produk.
Secara teoritis, perancangan ini efektif, akan tetapi secara empiris belum
terbukti keefektifannya, sehingga disarankan agar dilakukan uji validasi dan uji
coba dengan seksama terlebih dahulu.