BRAND CAMPAIGN DESIGN FOR TALL, FAIR, AND PECULIAR AND ITS PROMOTIONAL MEDIA TO IMPROVE BRAND COMMUNICATION
Abstract
Perancangan ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang dihadapi oleh seri webtoon ‘Tall, Fair, and Peculiar’ setelah perilisannya pada platform LINE WEBTOON KANVAS. ‘Tall, Fair, and Peculiar’ merupakan sebuah seri webtoon bergenre slice of life dan komedi yang bercerita mengenai keseharian tokoh utama pengidap OCD bernama Oswald. Seri ini ditujukan bagi para pengidap OCD pada jangka usia remaja hingga dewasa muda agar dapat menjadi sebuah representasi bagi komunitas OCD di Indonesia dan diharapkan dapat membantu melaksanakan sosialisasi dan edukasi guna mengubah pandangan publik mengenai OCD. Seri webtoon TFP mengalami masalah dalam bentuk kurangnya awareness pembaca terhadap identitas brand webtoon yang masih baru. Guna memperbaiki masalah tersebut, maka diperlukanlah sebuah strategi promosi melalui dilaksanakannya sebuah brand campaign dengan konsep “semua orang memiliki keunikan masing masing” pada media sosial Instagram dengan niche virtual influencer untuk meningkatkan brand communication. Untuk mendukung perancangan tersebut, data sekunder dari analisa literatur bersumber buku, jurnal, dan artikel internet yang berhubungan dengan keterlibatan pelanggan, permintaan pasar, brand communication, pemasaran media sosial, dan virtual influencer perlu diimplementasikan. Namun setelah mengadakan validasi via uji coba desain kepada tiga expert user, tiga extreme user, dan penyebaran survey kepada 100 responden khalayak sasaran, diketahui bahwa desain produk dan media promosional dari brand campaign membutuhkan banyak revisi pada berbagai produk desain agar lebih efektif dalam menarik banyak pengguna Instagram baru. Berdasarkan hasil dari pengumpulan data primer tersebut, brand ‘Tall, Fair, and Peculiar’ perlu merevisi berbagai produk desain sehingga lebih memprioritaskan aspek storytelling dan menyelaraskan desain media promosional agar dapat lebih terlihat atraktif dan diterima oleh khalayak sasaran.
Kata kunci:
