PERANCANGAN STRATEGI BRAND COMMUNICATION DAN MEDIA PROMOSI UNTUK "MEET & CO"
Abstract
Perancangan ini dilakukan bertujuan untuk menjawab permasalahan brand Meet & co. Permasalahan yang dimaksud adalah bagaimana cara agar Meet & co lebih mudah memberikan informasi secara langsung maupun tidak langsung ke target market dan dapat diterima dengan baik oleh audience. Meet & co merupakan bisnis start up yang bergerak dibidang makanan, minuman dan speciality coffee yang mengutamakan pelayanan termasuk "spot foto", maka Meet & co membuat spot foto yang instagramable untuk menarik perhatian target market. Target market Meet & co adalah pelajar, pegawai dan wiraswasta dengan usia 18 hingga 30 tahun yang tinggal di kota Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah dan memiliki kebiasaan suka berkumpul, main game, kencan, kerja tugas, mengikuti trend, foto outfit of the day dan pecinta kopi dengan harga yang ekonomis atau kelas menengah ke bawah. Oleh karena itu, untuk mengetahui strategi dalam komunikasi yang baik maka penulis melakukan perancangan strategi brand communication dan media promosi untuk Meet & co. Untuk mendukung perancangan ini maka penulis menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data yaitu berupa data sekunder dan primer. Data sekunder dikutip dari studi literatur dengan sumber buku, jurnal dan artikel dari internet. Selanjutnya penulis membutuhkan data primer yang berupa validasi data melalui wawancara dengan tiga expert user, tiga extreme user dan melakukan penyebaran survei uji coba desain kepada seratus target market untuk menguji coba desain dan media promosi dari brand Meet & co. Perancangan ini menghasilkan strategi untuk mengkomunikasikan produk, pelayanan dan pesan yang akan ditujukan bagi masyarakat dengan gaya desain dan media promosi yang sesuai dengan target market.
