IDENTIFIKASI REWARD DALAM RELASI PERTEMANAN DI INSTAGRAM
Abstract
Aktivitas di media sosial dapat terjadi timbal balik dimana ada proses berbagi dan
menerima informasi yang seumpama hadiah. Saat ini, instagram memainkan peran
penting dalam kehidupan relasi pertemanan. Instagram mengidentifikasi kebutuhan
sosial karena kecanduan di instagram pada siswa yang cenderung memiliki prestasi
akademik dan kepuasan hidup yang lebih rendah serta tingkat rasa malu dan kesepian
yang lebih tinggi. Menggunakan instagram dapat memfasilitasi perbandingan sosial
dan kecemburuan. Penelitian ini mengkaji hal hal yang membuat seseorang ingin
terus menjalin pertemanan di media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengidentifikasi reward dalam pertemanan di Instagram. Metode penelitian ini
adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan data
menggunakan purposive sampling. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner
open-ended, wawancara serta data sekunder dari akun instagram partisipan
wawancara. Terdapat 103 responden dan 4 partisipan wawancara. Penelitian ini
berusaha mengidentifikasi reward berdasarkan bentuk resiprositas pada
pengguna Instagram. Studi ini menemukan bahwa reward yang ditemukan dalam
relasi pertemanan yaitu : pertemanan tetap terjalin, eksistensi diri, memotivasi untuk
diri sendiri dan teman, mencari teman baru serta support dari teman.