Adopsi Teknologi Internet Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah
Abstract
Perkembangan teknologi internet yang semakin cepat dan terjangkau memunculkan berbagai peluang baru bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di indonesia dalam menciptakan inovasi produk maupun inovasi model bisnis. Berbagai penelitian di bidang kewirausahaan dan teknologi informasi telah dilakukan, namun tidak banyak ditemukan sebuah penelitian yang mengkaji secara khusus tingkat adopsi teknologi internet untuk penciptaan maupun pengembangan usaha. Melalui penelitian ini peneliti menggunakan framework Technology Organization-Environment (TOE) yang berlandaskan dari penelitian dari Zhu dan Kraemer (2005) yang berfokus pada karakteristik internal maupun external dari sebuah UMKM. Penelitian ini akan menggunakan metode studi literatur dan kuesioner yang diisi oleh pemilik atau manajer UMKM sebanyak 172 responden. Data dari penelitian diolah dengan menggunakan teknik path analysis untuk menguji relasi yang signifikan. Hasil penelitian ini mendukung penyedia layanan teknologi informasi & komunikasi dalam membuat kebijakan yang berkaitan dengan adopsi teknologi internet oleh UMKM dengan lebih efektif dan efisien dengan cara menemukan faktor yang paling berpengaruh yaitu Perceived Indirect Benefit (PIB).