ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS INDONESIATRIPPLANNER)
Abstract
ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM CUSTOMER
RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP KEPUASAN
PELANGGAN (STUDI KASUS INDONESIATRIPPLANNER)
Sistem Customer Relationship Management (CRM) banyak dibutuhkan
oleh dunia bisnis saat ini untuk dapat meningkatkan hubungan bisnis dengan
pelanggan yang berkualitas yang berimbas pada peningkatan penjualan dan
pendapatan usaha tersebut. IndonesiaTripplanner merupakan sebuah perusahaan
yang bergerak di bidang pelayanan yang memudahkan para traveller untuk
melihat keindahan Indonesia terutama daerah - daerah yang belum terkenal,
melalui sebuah website yang dapat diakses di www.indonesiatripplanner.com.
IndonesiaTripplanner belum memiliki sistem informasi yang dapat memantau
hubungannya dengan pelanggan untuk mengetahui sampai sejauh manakah
pelanggan puas dengan pelayanan yang diberikan. Pelanggan merupakan faktor
penting bagi IndonesiaTripplanner yang mempengaruhi penjualan, maka
dibutuhkan sistem CRM yang bisa menjawab permasalahan IndonesiaTripplanner.
Penulis melakukan studi kepustakaan dengan menganalisa dari beberapa materi
terkait, buku-buku pedoman dan artikel internet. Penelitian ini bertujuan untuk
mengimplementasi aplikasi CRM di IndonesiaTripplanner dan menganalisa
pengaruh dari implementasi tersebut. Hasil tugas akhir ini untuk membuktikan
dampak implementasi aplikasi CRM terhadap pemenuhan kepuasan pelanggan
dari pelayanan IndonesiaTripplanner.