Analisis Tata Kelola Perusahaan Yang Baik, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan
Abstract
Keberadaan tata kelola perusahaan dan tanggung jawab sosial perusahaan telah menjadi bagian penting dalam perusahaan, Pemerintah bahkan mengeluarkan aturan-aturan mengenai penerapan hal tersebut dalam perusahaan. Selain itu lembaga-lembaga swadaya masyarakat memberikan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang aktif menerapkan kedua aspek tersebut sebagai upaya mendorong penerapannya. Kesadaran juga mulai muncul di sisi perusahaan dengan berusaha untuk menjalankan kedua aspek tersebut sebagai wujud ketaatan terhadap regulasi dan menjadi bagian dari praktik bisnis yang baik. Keberadaan faktor-faktor non keuangan tersebut diharapkan mampu mengatasi menurunnya kepercayaan investor terhadap kinerja keuangan perusahaan akibat skandal-skandal keuangan yang merupakan cerminan pengelolaan perusahaan yang buruk dan tidak beretika.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keberadaan faktor-faktcr non keuangan yaitu tata kelola perusahaan dan tanggung jawab sosial perusahaan dalam hubungan antara kinerja keuangan dengan nilai perusahaan. Perusahaan berusaha untuk meningkatkan faktor-faktor tersebut dengan harapan akan mampu unruk meningkatkan nilai perusahaan. Sampel penelitian adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2012 dengan pengujian menggunakan moderated regrression analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan variabel tata kelola perusahaan dan tanggung jawab sosial perusahaan mampu memperkuat hubungan antara kinerja keuangan dan nilai perusahaan. Keberadaan kedua faktor tersebut dapat rnemberikan keyakinan bagi investor bahwa perusahaan telah dikelola dengan baik dan kinerja keuangan perusahaan telah diperoleh dan dilaporkan dengan sesuai aturan yang berlakukan dan perusahaan melakukan praktek bisnis yang baik
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
MODEL FAKTOR-FAKTOR YANG MENDASARI ENTREPRENEURIAL MARKETING BEHAVIOUR BERBASIS KARAKTERISTIK PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN DI INDONESIA
Utami, Christina Whidya; Susanto, Hendro (Direktoral Jenderal Kekayaan Intelektual, 2019-10) -
PENGARUH PROFITABILITAS, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL KONTROL
Lydia (Universitas Ciputra Surabaya, 2020-06-18)Sebuah perusahaan memiliki tujuan untuk meningkatkan nilai perusahaan. Peningkatan nilai perusahaan mengakibatkan peningkatan kesejahteraan pemegang saham. Sebagai investor, tentu investor akan memilih berinvestasi ke ... -
Pengaruh Profitabilitas, Financial Leverage, Dividen, Ukurun Perusahaan, Kepemilikan Institusional, Dan Kelompok Usaha Terhadap Perataan Laba. Studi Kasus Pada Perusahaan Non Finansial Yang Terdaftar Di Bei
Santoso, Eko Budi; Salim, Sherly Novia (EF press digimedia – Vol.1 No.1, Desember 2012 – ISSN: 2302-9791, 2012-12)This research is designed to examine factors that can be identified with the incidence of income smoothing practice among listed non-financial companies at Indonesian Stock Exchange. Those factors were profitability, ...

