• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Lecture Papers
    • Lecture Papers National Published Articles
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Lecture Papers
    • Lecture Papers National Published Articles
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    REFLECTION TO GUIDE MEDICAL STUDENTS’ SELF- INTROSPECTION AND DEVELOPMENT: A QUALITATIVE REPORT

    Thumbnail
    View/Open
    Abstract (236.6Kb)
    Cover, TOC, Content (979.1Kb)
    Plagiarism (6.392Mb)
    Date
    2020
    Author
    Ritunga, Imelda
    Rambung, Etha
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Latar belakang: Refleksi dibutuhkan dokter dalam memaknai pengalamannya dan menyadari keterbatasannya sehingga akan mendukung belajar sepanjang hayat. Pada pembelajaran kedokteran, refleksi diri dapat memotivasi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah menggali pengalaman peserta didik terhadap pembelajaran refleksi melalui penugasan refleksi diri. Metode: metode penelitian menggunakan jenis kualitatif dengan subyek penelitian adalah 15 peserta didik kedokteran tahun pertama. Refleksi diajarkan di awal pendidikan dan dipraktikkan pada mata kuliah desain inovasi dengan pemberian tugas menulis refleksi diri setiap minggu. Pengalaman menulis refleksi diri digali melalui wawancara kelompok (FGD) dan wawancara mendalam. Pertanyaan terbuka diberikan kepada partisipan, hasil wawancara di rekam, di transkrip dan dilakukan open coding. Hasil: Dilakukan wawancara dua kali dan dan beberapa partisipan dilakukan wawancara mendalam. Hasil penelitian dibagi menjadi 5 tema, yaitu persepsi, mawas diri, perbaikan ke depan, aturan, dan lainnya. Partisipan menyatakan senang terhadap refleksi diri, bermanfaat untuk introspeksi, dan perbaikan ke depan. Perbaikan ke depan beragam dari belum ada perubahan hingga didapatkan perubahan cara pandang bahkan perubahan tindakan yaitu lebih disiplin. Aturan minimal jumlah kata dalam penugasan refleksi diri menjadi hal yang tidak menyenangkan partisipan dan dapat membuat narasi refleksi diri sekenanya. Frekuensi penulisan refleksi diri yang dilakukan setiap minggu dirasakan cukup membebani partisipan. Lainnya menarik pada pernyataan partisipan terkait kegiatan menulis refleksi yang dirasakan bermanfaat sebagai bagian dari pembelajaran sebagai penulis. Kesimpulan: persepsi peserta didik terhadap pembelajaran refleksi menyenangkan dan bermanfaat tetapi peserta didik mengeluhkan aturan pada penugasan refleksi sehingga diperlukan desain pembelajaran refleksi yang relevan dan kontekstual.
    URI
    http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/4909
    Collections
    • Lecture Papers National Published Articles

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire