PERANCANGAN INTERIOR TOKO OLEH - OLEH DAN KAFETARIA BRAWIJAYA DI BATU OLEH IVANA DESIGN STUDIO
Abstract
Kebutuhan akan ruang usaha seperti area komersial, perhotelan, dan perkantoran
mulai
meningkat seiring
meningkatnya
p
ertumbuhan ekonomi di Indonesia. Salah
satu kebutuhan penting bagi perusahaan adalah brand. Brand identitiy suatu
produk merupakan gabungan visual dan verbal dari grafis perusahaan. Apabila
sebuah perusahaan dapat membangun brand experience yang kuat, hal
ini dapat
mempengaruhi ketertarikan, kepercayaan, dan kesetiaan pelanggan terhadap
sebuah produk.
IVANA Design Studio merupakan konsultan desain interior yang
membantu klien menciptakan
brand
environment
, dengan menganalisa karakter
perusahaan,
positioning
perusahaan, visi perusahaan,
customer
segment
yang
dituju, dan menyampaikan
value
perusahaan melalui bidang
-
bidang tiga dimensi.
Pada perkembangan selanjutnya,
IVANA Design Studio
menyediakan
layanan
tambahan
berupa paket desain interior dan desain
visual
merchandis
ing
sebanyak
dua atau empat kali dalam waktu tertentu sesuai kebutuhan klien.
Layanan desain
visual merchandising juga merupakan cara untuk menciptakan brand environment
toko. IVANA Design Studio menggunakan dasar lima elemen dalam Service
Excel
lence agar klien merasa puas terhadap pelayanan IVANA Design Studio.
Masyarakat Indonesia memiliki budaya membawakan oleh
-
oleh untuk kerabat
ketika berlibur ke suatu tempat. Brawijaya Istana Oleh
-
Oleh
merupakan pusat
oleh
-
oleh di kota Batu yang menjual ane
ka camilan, pakaian, dan aksesoris khas
kota Batu. Fasilitas pelengkap yang dimiliki Brawijaya adalah kafetaria,
musholla, hostel,
rest area
, tempat parkir yang luas, dan kamar mandi dengan air
panas. Area yang akan dirancang adalah kafetaria dan toko oleh
-
oleh pakaian.
Brawijaya mempunyai visi menjadi pusat oleh
-
oleh termurah dan terlengkap di
Kota Batu dan merangkul UKM
dan pengrajin di Kota
Batu. Alur sirkulasi dan
organisasi ruang merupakan elemen penting yang harus diperhatikan untuk
mempermudah konsumen dalam mencari produk. Interior yang dirancang
diharapkan mampu memperkuat
brand
Brawijaya. Perancangan interior toko
oleh
-
oleh pakaian da
n kafetaria Brawijaya menggunakan konsep “
Connecthings
”,
yaitu menghubungkan visi Brawijaya dengan kebutuhan pengunjung melalui
penataan
layout
dan interior.