Show simple item record

dc.contributor.authorPribadi, Florence
dc.contributor.authorIdarto, Areta
dc.date.accessioned2023-02-23T04:02:42Z
dc.date.available2023-02-23T04:02:42Z
dc.date.issued2022
dc.identifier.isbn978-623-5488-89-9
dc.identifier.urihttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/6043
dc.description.abstractLatar Belakang: Demografi mahasiswa baru di Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra (FKUC) beragam, sehingga terdapat variasi metode pengajaran dan gaya belajar yang didapat sebelumnya. Mahasiswa baru dituntut untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan, materi dan metode belajar pendidikan kedokteran dalam waktu singkat. Salah satu metode belajar utama di FKUC adalah metode belajar melalui pendekatan masalah PBL (Problem-based learning). Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra berinisiatif untuk memberikan kelas induksi pada siswa kelas XII untuk menginisiasi transformasi metode belajar sebagai persiapan menjalani pendidikan di FKUC. Tujuan: Memaparkan hasil kelas induksi PBL di FKUC, yang dapat menjadi model bagi institusi pendidikan kedokteran lainnya. Subjek dan Metode: Kelas induksi diikuti oleh 25 siswa kelas XII yang telah mendaftar di FKUC, dari Sekolah Menengah (SMA/MA) di pulau Jawa, dan menyatakan bersedia mengikuti kelas selama 3 minggu. Peserta dibagi dalam kelompok dan mendapatkan dua skenario. Tiap skenario diselesaikan dengan dua sesi tutorial secara daring, dan ditutup dengan diskusi pleno secara luring. Skenario telah diulas oleh guru biologi SMA, dan dinyatakan memiliki tingkat kesulitan lebih dari pelajaran yang telah dipelajari. Setelah menyelesaikan kelas, peserta mengisi kuesioner yang berisi 10 pertanyaan tentang proses PBL dan 11 pertanyaan mengenai peran tutor dengan skala likert, serta pertanyaan terbuka tentang seluruh proses. Hasil: Sebanyak 21 dari 25 peserta mengumpulkan kuisioner, dan sebanyak 95% menilai proses induksi menarik dan sangat bermanfaat bagi calon mahasiswa FKUC. Kesimpulan: Sesi induksi bermanfaat untuk mempersiapkan dan meningkatkan kepercayaan diri calon mahasiswa dalam menjalani pendidikan kedokteran.en_US
dc.publisherProsiding: Back to The Basic, Heart-Based Education as Fundamental Aspect in Medical Educationen_US
dc.subjectProblem based learning, calon mahasiswa, laporan kasus, pendidikan kedokteran.en_US
dc.titleLaporan Kasus: Induksi PBL pada Siswa Kelas XII Sebagai Persiapan Menjalani Pendidikan Kedokteranen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record