• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Lecture Papers
    • Lecture Papers National Published Articles
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Lecture Papers
    • Lecture Papers National Published Articles
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Laporan Kasus: Induksi PBL pada Siswa Kelas XII Sebagai Persiapan Menjalani Pendidikan Kedokteran

    Thumbnail
    View/Open
    Abstract (75.91Kb)
    Cover, TOC, Content (506.4Kb)
    Plagiarism (2.561Mb)
    Date
    2022
    Author
    Pribadi, Florence
    Idarto, Areta
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Latar Belakang: Demografi mahasiswa baru di Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra (FKUC) beragam, sehingga terdapat variasi metode pengajaran dan gaya belajar yang didapat sebelumnya. Mahasiswa baru dituntut untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan, materi dan metode belajar pendidikan kedokteran dalam waktu singkat. Salah satu metode belajar utama di FKUC adalah metode belajar melalui pendekatan masalah PBL (Problem-based learning). Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra berinisiatif untuk memberikan kelas induksi pada siswa kelas XII untuk menginisiasi transformasi metode belajar sebagai persiapan menjalani pendidikan di FKUC. Tujuan: Memaparkan hasil kelas induksi PBL di FKUC, yang dapat menjadi model bagi institusi pendidikan kedokteran lainnya. Subjek dan Metode: Kelas induksi diikuti oleh 25 siswa kelas XII yang telah mendaftar di FKUC, dari Sekolah Menengah (SMA/MA) di pulau Jawa, dan menyatakan bersedia mengikuti kelas selama 3 minggu. Peserta dibagi dalam kelompok dan mendapatkan dua skenario. Tiap skenario diselesaikan dengan dua sesi tutorial secara daring, dan ditutup dengan diskusi pleno secara luring. Skenario telah diulas oleh guru biologi SMA, dan dinyatakan memiliki tingkat kesulitan lebih dari pelajaran yang telah dipelajari. Setelah menyelesaikan kelas, peserta mengisi kuesioner yang berisi 10 pertanyaan tentang proses PBL dan 11 pertanyaan mengenai peran tutor dengan skala likert, serta pertanyaan terbuka tentang seluruh proses. Hasil: Sebanyak 21 dari 25 peserta mengumpulkan kuisioner, dan sebanyak 95% menilai proses induksi menarik dan sangat bermanfaat bagi calon mahasiswa FKUC. Kesimpulan: Sesi induksi bermanfaat untuk mempersiapkan dan meningkatkan kepercayaan diri calon mahasiswa dalam menjalani pendidikan kedokteran.
    URI
    http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/6043
    Collections
    • Lecture Papers National Published Articles

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire