FAKTOR – FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK SOAP CASTLE
Abstract
Soap Castle perlu meninjau keputusan pembelian konsumen dan hal - hal yang dipertimbangkan dalam keputusan pembelian konsumen tersebut (misalnya: faktor sosial, faktor psikologi, harga, kualitas produk) untuk dapat menghadapi tantangan dalam usaha yang dijalankan. Tujuan penelitian ini adalah guna mengkonfirmasi faktor - faktor sosial, psikologi, harga, dan kualitas produk dipertimbangkan konsumen dalam membeli produk Soap Castle. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil 100 orang konsumen potensial dari Soap Castle untuk dijadikan sampel (yang terdiri dari 53 orang konsumen yang pernah melakukan pembelian di Soap Castle dan secara acak 47 orang yang berpotensi untuk menjadi konsumen Soap Castle selama tahun 2015). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor (confirmatory factor analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor sosial, faktor psikologis, harga, dan kualitas produk dipertimbangkan konsumen dalam membeli produk Soap Castle.