PERAN SELF-ESTEEM DAN STRESS TERHADAP HARASSMENT PADA PEMAIN ONLINE GAME DEWASA AWAL
Date
2021Author
Tjahyadi, Angeline Vivian
Ersa Lanang Sanjaya, Ersa Lanang
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji korelasi antara self-esteem dan stress terhadap perilaku
harassment di online game. Ada 136 responden dewasa awal yang berpartisipasi dalam penelitian ini, mereka
semua dipilih menggunakan teknik non-probability sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif.
Setiap partisipan diminta menyelesaikan Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES), Kessler Psychological
Distress Scale, dan skala The Video Game Harassment Scale milik Fox and Tang. Semua skala telah terbukti
reliable dimana alpha cronbach untuk RSES adalah 0.856, 0.917 untuk Kessler Psychological Distress Scale,
dan 0.806 untuk skala The Video Game Harassment Scale. Hasil menunjukan bahwa ada korelasi yang
signifikan antara stress dan harassment (r = 0.197, p = 0.022), dan tidak ada korelasi signifikan antara selfesteem dan harassment (r = -0.062, p = 0.472)

