PENGEMBANGAN MEDIA INFORMASI OBJEK PAMER MUSEUM KUPU-KUPU KWA BANTIMURUNG MAROS BERBASIS ARGUMENTED REALITY BAGI WISATAWAN REMAJA
Abstract
Pemanfaatan media informasi berbasis media digital pada museum zaman modern saat ini memiliki
daya tarik tersendiri bagi pengunjung terlebih bagi museum yang menghadirkan media informasi
menggunakan sentuhan teknologi digital. Ada berbagai macam media informasi berbasis teknologi
saat ini yang dapat kita temui ketika mengunjungi museum. Di sisi lain, citra museum di masyarakat
khususnya bagi museum yang dikelola oleh pemerintah memiliki kualitas yang kurang memadai
baik dari segi penyajian informasi hingga tata letak penyajian objek pamer. Sehingga pada penelitian
ini bertujuan untuk menghadirkan sebuah sarana media informasi yang menarik, informatif dan
memberikan sebuah experience baru bagi pengunjung museum kupu-kupu KWA Bantimurung
Maros terkhususnya bagi pengunjung usia remaja. Pada penelitian ini digunakan metode kualitatif
dengan pendekatan design thingking yang akan digunakan untuk merancang produk yang menjadi
solusi terhadap masalah yang telah didapatkan. Pada metode ini akan menjadi pusat atau fokus
utama adalah pengguna akhir dari hasil perancangan/desain atas solusi tersebut. Melalui
perancangan ini, ditemukan salah satu media informasi yang memberikan pemahaman dan
pengalaman baru dalam penyampaian informasi yang biasanya membosankan dan monoton pada
museum di buat lebih menarik, dengan penggunaan teknologi Augmented Reality dan tambahan fitur
gamifikasi maka penyampaian informasi dapat lebih dinikmati dengan atraktif bagi pengunjung
Museum Kupu-kupu KWA Bantimurung dalam mendapatkan sebuah informasi terhadap
koleksi/objek pamer yang dihadirkan pada museum.

