Persepsi Elemen Visual dan Layout User Interface Aplikasi Alfa Gift dan Klik Indomaret
Abstract
Persepsi pengguna dibangun ketika menggunakan aplikasi, hanya tampilan user interface yang terstruktur dengan baik dan proses pencarian informasi yang mudah dapat menarik konsumen untuk menggunakannya. Masih ditemukan keluhan dan belum puas terhadap interface Klik Indomaret dan Alfa Gift, disebabkan oleh tampilan yang kompleks sehingga pembeli mengalami kesulitan untuk menemukan menu yang ingin dituju serta kendala yang lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang persepsi pengguna terhadap elemen visual dan tata letak user interface pada aplikasi Klik Indomaret dan Alfa Gift. Penelitian ini bersifat kualitatif Dengan menggunakan pendekatan fenomenologi yaitu pendekatan yang berupaya untuk mengungkap persepsi pengguna terhadap elemen visual user interface aplikasi Alfa Gift dan Klik Indomaret. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik data analisis Creswell. Hasil penelitian yaitu Alfa Gift dan Klik Indomaret menerapkan prinsip- prinsip gestalt yang membentuk persepsi pengguna dalam memahami dan mengelompokkan berbagai elemen visual interface menjadi satu kesatuan, terdapat kesamaan dan perbedaan persepsi terhadap kedua aplikasi. Selain itu, pengalaman terdahulu pengguna mempengaruhi persepsi mereka terhadap tampilan dan navigasi aplikasi, kesan familiar dapat membantu pengguna untuk dengan mudah memahami dan menggunakan aplikasi kedua aplikasi tersebut.

