• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Lecture Papers
    • Lecture Papers National Published Articles
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Lecture Papers
    • Lecture Papers National Published Articles
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBANDINGAN EFEKTIVITAS SISTEM INTERAKSI VIRTUAL REALITY CLASSROOM DAN KONFERENSI VIDEO KONVENSIONAL DALAM MENGATASI KETERBATASAN BANDWIDTH PADA PEMBELAJARAN DARING

    Thumbnail
    View/Open
    Abstract (3.215Mb)
    Content (378.2Kb)
    Plagiarism (3.146Mb)
    Date
    2023
    Author
    Syariati, Kasmir
    Suardi, Citra
    Sundoro, David
    Lewis, Reinaldo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini mengeksplorasi pemanfaatan Ruang Kelas Virtual Reality (VR) sebagai alternatif untuk konferensi video dalam pembelajaran online, dengan tujuan mengatasi kendala bandwidth. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis komparatif antara sistem interaksi avatar VR dan sistem video konferensi tradisional. Penelitian berfokus pada pengoptimalan penggunaan bandwidth dalam VR melalui interaksi berbasis avatar. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan perilaku interaksi pengguna dan pengukuran penggunaan bandwidth dalam komunikasi antar klien. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif untuk memahami perbedaan perilaku pengguna dan implikasinya terhadap pengalaman interaktif serta strategi yang diperlukan untuk memastikan komunikasi yang efisien dalam lingkungan pembelajaran daring. Hasil pengukuran menunjukkan rata-rata latensi system konferensi video sebesar 184 ms (dengan tambahan proses encoding decoding yang mengakibatkan delay hingga 1 detik) dengan rata-rata latensi VR classroom sebesar 133 ms. Sistem avatar VR menunjukkan latensi yang lebih rendah serta memberikan pengalaman belajar yang responsif dan immersif. Selain itu, sistem avatar VR menunjukkan ketangguhan dalam menghadapi keterbatasan jaringan, menjaga kualitas interaksi yang konsisten. Sistem dapat mencapai framerate stabil pada 60 fps dan menghindari desinkronisasi antara audio dan video pada tingkat limitasi bandwith 100kbps di mana system konferensi video gagal mempertahankan feed video dan audio. Namun, perlu dicatat bahwa implementasi sistem avatar VR memerlukan pengaturan dan persyaratan perangkat keras yang lebih kompleks dibandingkan dengan video konferensi.
    URI
    https://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/6884
    Collections
    • Lecture Papers National Published Articles

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire