Interaksi Hiperpersonal dalam Penerapan Computer-Mediated Communication Akun Instagram @anneavantieheart
Date
2023Author
Aji, Imanuel Deny Krisna
Kalalo, Benigna Devi
Rahmawati, Kuncoro Dewi
Metadata
Show full item recordAbstract
Akun instagram @anneavantieheart dikembangkan oleh seorang desainer terkemuka di Indonesia Anne Avantie. Akun Instagram terverifikasi dan memiliki 1.1 juta followers terhitung per Februari 2023. Perkembangan era digital membuat banyak tokoh menggunakan berbagai media untuk dapat menjalin interaksi dengan para pengikut yang selalu berharap mendapatkan informasi baru dari tokoh tersebut. Platform media sosial Instagram digunakan oleh Anne Avantie dalam menjalin komunikasi dengan masyarakat, terutama pengikutnya. Akun Instagram @anneavantieheart menjadi salah satu saluran yang digunakan dalam Computer-Mediated Communication (CMC). Penerapan interaksi antara pemilik akun Instagram @anneavantieheart dengan pengikutnya dilihat dari perspektif dalam penerapan CMC menjadi tujuan utama dalam penelitian ini. Metode penelitian dijalankan secara kualitatif yang bersifat deskriptif dengan melakukan wawancara kepada pihak pengelola, penentu kebijakan pengelolaan, dan follower akun Instagram @anneavantieheart. Penelitian menunjukkan bahwa penerapan CMC dilakukan oleh pengirim pesan untuk membuat merasa lebih dekat kepada penerima pesan. Proses interaksi hiperpersonal yang terjadi pada penerapan CMC akun Instagram @anneavantieheart memenuhi empat elemen, yaitu receivers (penerima pesan) dalam konteks media sosial Instagram adalah follower memiliki kesan yang positif terhadap pengirim pesan. Namun, memiliki ekspektasi yang berlebihan. Senders (pengirim pesan), dilakukan dengan memberikan kategori konten yang diunggah yaitu keseharian, inspirasi, rohani, dan promosi bisnis. Channel (saluran), media sosial Instagram bersifat asinkron yang memungkinkan pengelola akun atau social media maintenance officer merencanakan dan memproduksi konten secara teratur dan berkualitas. Feedback, umpan balik dapat dijaring secara langsung melalui fitur komentar dan direct message dan secara tidak langsung melalui Instagram analytic.

