• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Lecture Papers
    • Lecture Papers National Published Articles
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Lecture Papers
    • Lecture Papers National Published Articles
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Interaksi Hiperpersonal dalam Penerapan Computer-Mediated Communication Akun Instagram @anneavantieheart

    Thumbnail
    View/Open
    Abstract (1.517Mb)
    Content (4.302Mb)
    Plagiarism (3.130Mb)
    Date
    2023
    Author
    Aji, Imanuel Deny Krisna
    Kalalo, Benigna Devi
    Rahmawati, Kuncoro Dewi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Akun instagram @anneavantieheart dikembangkan oleh seorang desainer terkemuka di Indonesia Anne Avantie. Akun Instagram terverifikasi dan memiliki 1.1 juta followers terhitung per Februari 2023. Perkembangan era digital membuat banyak tokoh menggunakan berbagai media untuk dapat menjalin interaksi dengan para pengikut yang selalu berharap mendapatkan informasi baru dari tokoh tersebut. Platform media sosial Instagram digunakan oleh Anne Avantie dalam menjalin komunikasi dengan masyarakat, terutama pengikutnya. Akun Instagram @anneavantieheart menjadi salah satu saluran yang digunakan dalam Computer-Mediated Communication (CMC). Penerapan interaksi antara pemilik akun Instagram @anneavantieheart dengan pengikutnya dilihat dari perspektif dalam penerapan CMC menjadi tujuan utama dalam penelitian ini. Metode penelitian dijalankan secara kualitatif yang bersifat deskriptif dengan melakukan wawancara kepada pihak pengelola, penentu kebijakan pengelolaan, dan follower akun Instagram @anneavantieheart. Penelitian menunjukkan bahwa penerapan CMC dilakukan oleh pengirim pesan untuk membuat merasa lebih dekat kepada penerima pesan. Proses interaksi hiperpersonal yang terjadi pada penerapan CMC akun Instagram @anneavantieheart memenuhi empat elemen, yaitu receivers (penerima pesan) dalam konteks media sosial Instagram adalah follower memiliki kesan yang positif terhadap pengirim pesan. Namun, memiliki ekspektasi yang berlebihan. Senders (pengirim pesan), dilakukan dengan memberikan kategori konten yang diunggah yaitu keseharian, inspirasi, rohani, dan promosi bisnis. Channel (saluran), media sosial Instagram bersifat asinkron yang memungkinkan pengelola akun atau social media maintenance officer merencanakan dan memproduksi konten secara teratur dan berkualitas. Feedback, umpan balik dapat dijaring secara langsung melalui fitur komentar dan direct message dan secara tidak langsung melalui Instagram analytic.
    URI
    https://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/6891
    Collections
    • Lecture Papers National Published Articles

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire