EKSISTENSI DIRI PARA PELANGGAN STARBUCKS MELALUI RITUAL POSTING INSTASTORY
Abstract
Penelitian ini mencoba menganalisis fenomena yang terjadi diantara para pelanggan Starbuck di
Indonesia yang sangat suka memposting instastory dengan konten-konten yang berkaitan Starbuck.
Fenomena posting instastory tentang starbuck ini mendorong peneliti untuk memahami apa yang
terjadi di balik itu. Penelitian dilakukan dengan metode etnografi virtual dengan melakukan
wawancara dan observasi terhadap empat orang narasumber. Metode ini dipilih karena di era
serba digital ini, penggunaan internet dan social media meningkat sangat tajam; tetapi sayangnya
tidak banyak metode penelitian yang mampu menjangkaunya. Etnografi virtual bisa
menjangkaunya melalui penyelidikan terhadap segala entitas yang ada di dalam social media. Hasil
dari penelitian ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan status sosial, kegiatan memposting halhal yang berkaitan dengan Sturbuck adalah sebuah ritual wajib. Dengan menampilkan produk
brand terkenal (Starbuck) akan akan membantu mereka dalam upaya menempatkan diri diantara
teman-teman pergaulan mereka.

