Metode Pembelajaran Online untuk Meningkatkan Interaksi Mahasiswa
Date
2021Author
Santoso, Julisiana
Jasin, Kelvin Anggriawan
Mychelle, Aubrey
Athauallah, Fadhil Dzulfiqar
Sakti, Lm. Yusril Jaya
Anggraini, Lya Dewi
Metadata
Show full item recordAbstract
Pada akhir tahun 2019 Pertama kalinya virus Covid-19 ini ditemukan dan menyebar
di seluruh dunia hingga saat ini. Pandemi Covid-19 ini sangat berpengaruh pada
pola hidup manusia, sehingga tercipta istilah “Era New Normal”, dimana masyarakat
tetap dapat beraktivitas dengan menerapkan protokol kesehatan. Dengan tujuan
untuk mencegah penularan dan mengurangi penyebaran virus Covid-19 ini, Oleh
karena itu virus Covid-19 juga membawa pengaruh besar terhadap dunia pendidikan
sehingga saat ini kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keefektifan dalam kegiatan belajar
mengajar antara dosen dan mahasiswa, khususnya pada Fakultas Industri Kreatif
Universitas Ciputra Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
kualitatif yaitu dengan melakukan pengumpulan data melalui observasi. Dari hasil
penelitian kegiatan belajar mengajar antara dosen dan mahasiswa pada Fakultas
Industri Kreatif Universitas Ciputra pada masa pandemi Covid-19 kurang efektif
karena banyak mahasiswa merasa jenuh dengan proses pembelajaran secara
daring sehingga mahasiswa kurang memperhatikan mata kuliah yang diberikan oleh
dosen sehingga mahasiswa tidak mendapat banyak manfaat ketika melaksanakan
kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara daring. Dengan adanya penelitian
ini diharapkan dapat memberikan solusi untuk kegiatan belajar mengajar antara dosen dan mahasiswa dengan menggunakan metode pembelajaran baru yaitu
memanfaatkan aplikasi kuis seperti Markstart, Kahoot dan sebagainya, agar
interaksi antara dosen dan mahasiswa dapat menjadi lebih efektif.

