Show simple item record

dc.contributor.authorKuncoro, Angelina
dc.contributor.authorLunarto, Andy
dc.contributor.authorD, Muhammad Rofi Ibnu
dc.contributor.authorJillian, Theresa
dc.contributor.authorAnastasha, Veronica
dc.contributor.authorAnggraini, Lya Dewi
dc.date.accessioned2024-02-16T06:46:13Z
dc.date.available2024-02-16T06:46:13Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.isbn978-623-7489-53-5
dc.identifier.urihttps://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/7173
dc.description.abstractVirus Corona (Covid-19) telah dideklarasikan WHO (World Health Organization atau Badan Kesehatan Dunia) sebagai pandemi sejak 9 Maret 2020. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat harus beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya untuk menjaga keberlangsungan hidup. Berangkat dari situ, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesadaran pemilik dan pengunjung dari Kafe mengenai protokol kesehatan di area Kafe. Lokasi Kafe dipilih karena kafe merupakan tempat umum yang sangat digemari berbagai kalangan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei, dimana akan dilakukan penelitian langsung dengan mendatangi tiga Kafe di lokasi yang berbeda, melakukan wawancara serta pengamatan selama 7 jam (12.00 – 17.00 WIB). Instrumen penelitian diambil dari penerapan tata ruang Kafe yang sudah sesuai dengan protokol kesehatan seperti jarak antar meja, pembatasan kapasitas pengunjung, dan sirkulasi pengunjung. Dari sisi pengunjung sendiri, dilakukan wawancara mengenai kesadaran pengunjung hingga tanggapan kepuasan pelanggan terhadap Kafe yang dikunjungi. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa desain tatanan dari Kafe sudah melakukan adaptasi sesuai anjuran pemerintah dengan mengurangi kapasitas meja. Selain itu semua pelayan Kafe menerapkan protokol kesehatan dengan baik, seperti memakai masker, face shield, sarung tangan plastik, dan treatment kebersihan setelah pengunjung pergi dari kafe. Dari sisi pengunjung, mayoritas pengunjung telah mematuhui kebijakan yang ada di kafe tersebut, serta memiliki kesadaran untuk memakai masker saat tidak minum atau makan, meskipun masih terdapat beberapa pengunjung yang melanggar. Hasil riset wawancara menunjukkan bahwa kepedulian terhadap protokol kesehatan juga merupakan salah satu pertimbangan pelanggan dalam memilih sebuah Kafe.en_US
dc.publisherPenerbit Fakultas Desain Universitas Pelita Harapanen_US
dc.subjectCovid-19en_US
dc.subjectKafeen_US
dc.subjectDesain Interioren_US
dc.subjectProtokol Kesehatanen_US
dc.titlePerubahan Perilaku Pengunjung Pasca Pandemi Covid-19 Terhadap Desain Interior Cafeen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record