Perubahan Perilaku Pengunjung Pasca Pandemi Covid-19 Terhadap Desain Interior Cafe
Date
2021Author
Kuncoro, Angelina
Lunarto, Andy
D, Muhammad Rofi Ibnu
Jillian, Theresa
Anastasha, Veronica
Anggraini, Lya Dewi
Metadata
Show full item recordAbstract
Virus Corona (Covid-19) telah dideklarasikan WHO (World Health Organization
atau Badan Kesehatan Dunia) sebagai pandemi sejak 9 Maret 2020. Hal ini
membuktikan bahwa masyarakat harus beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya
untuk menjaga keberlangsungan hidup. Berangkat dari situ, penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui kesadaran pemilik dan pengunjung dari Kafe mengenai protokol
kesehatan di area Kafe. Lokasi Kafe dipilih karena kafe merupakan tempat umum
yang sangat digemari berbagai kalangan. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif dengan metode survei, dimana akan dilakukan penelitian langsung
dengan mendatangi tiga Kafe di lokasi yang berbeda, melakukan wawancara serta
pengamatan selama 7 jam (12.00 – 17.00 WIB). Instrumen penelitian diambil dari
penerapan tata ruang Kafe yang sudah sesuai dengan protokol kesehatan seperti
jarak antar meja, pembatasan kapasitas pengunjung, dan sirkulasi pengunjung. Dari
sisi pengunjung sendiri, dilakukan wawancara mengenai kesadaran pengunjung
hingga tanggapan kepuasan pelanggan terhadap Kafe yang dikunjungi. Hasil
pengamatan menunjukkan bahwa desain tatanan dari Kafe sudah melakukan
adaptasi sesuai anjuran pemerintah dengan mengurangi kapasitas meja. Selain
itu semua pelayan Kafe menerapkan protokol kesehatan dengan baik, seperti
memakai masker, face shield, sarung tangan plastik, dan treatment kebersihan setelah pengunjung pergi dari kafe. Dari sisi pengunjung, mayoritas pengunjung
telah mematuhui kebijakan yang ada di kafe tersebut, serta memiliki kesadaran
untuk memakai masker saat tidak minum atau makan, meskipun masih terdapat
beberapa pengunjung yang melanggar. Hasil riset wawancara menunjukkan bahwa
kepedulian terhadap protokol kesehatan juga merupakan salah satu pertimbangan
pelanggan dalam memilih sebuah Kafe.

