STRATEGI ENDORSEMENT SELEBRITI KOREA SELATAN DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN: PERAN BRAND IMAGE SEBAGAI MEDIATOR
Abstract
Celebrity endorser Korea Selatan yang sedang marak membuat konsumen
percaya dengan apa yang diiklankan sehingga dapat memberikan citra
merek yang baik bagi produk tersebut. Penelitian ini akan membahas
tentang salah satu produk bodycare lokal yang menggunakan Celebrity
endorser. Metode dalam penelitian ini adalah positivist, kuantitatif dengan
analisis data deduktif.. Kuesioner disebar melalui online dengan bantuan
media G-form sebanyak 166 responden diperoleh dengan rentang usia 13-
30 tahun, yang berdomisili di Surabaya, dan merupakan pengguna Scarlett
Whitening. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa celebrity endorser
dapat mempengaruhi brand image sebuah produk. Selanjutnya, Celebrity
endorser memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
yang dilihat dari uji hipotesis. Selain itu, uji hipotesis memberikan hasil
signifikan variabel brand image terhadap keputusan pembelian. Citra
merek yang baik tentu akan membuat konsumen mau memutuskan untuk
membeli. Terakhir, melalui uji hipotesis yang sudah dilakukan, hasilnya
menunjukkan bahwa brand image berpengaruh dalam memediasi celebrity
endorser terhadap keputusan pembelian. Saran bagi penelitian selanjutnya,
yaitu diharapkan dapat mengembangkan variabel lain untuk mengkaji lebih
dalam penelitian tentang celebrity endorser, brand image, dan keputusan
pembelian serta dapat memperluas ruang lingkup penelitian untuk dapat
mengembangkan penelitian ini yang hanya dilakukan di satu kota

