Literasi Keuangan dari Drama Korea: Studi Netnografi Atas Konstruksi Nilai
Abstract
Gempuran gelombang Korea melalui sajian konten Dramanya berpotensi menghadirkan konstruksi nilai seperti terkait dengan literasi keuangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendalami bagaimana Drama Korea mengkonstruksikan literasi keuangan dan bisnis dari masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah netnografi, suatu studi etnografi berbasis internet dengan pengamatan atas realitas digital pada komunitas online. Analisis data dari dokumentasi tangkapan digital melalui tahapan proses kategorisasi tema dan proses iterasi interpretasi sehingga makna nilai yang terkandung dari realitas virtual tersebut dapat ditemukan. Hasil penelitian mengkonstruksikan bahwa literasi keuangan dipahami sebagai suatu koneksi integrasi dari pengetahuan, keterampilan dan keyakinan seseorang dalam keuangan yang secara sadar kemudian memberikan arah pada sikap dan perilaku mereka dalam mengambil keputusan dan mengelola keuangan dalam balutan kesadaran spiritual dan religius. Makna ini memberikan suatu perspektif yang beyond mengindikasikan bahwa tujuan pengelolaan keuangan tidak hanya demi mencapai suatu pemenuhan kebutuhan akan kesejahteraan materialistik saja, namun juga demi mencapai suatu pemenuhan kesadaran akan perannya sebagai makhluk ciptaan Tuhan.

