• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Lecture Papers
    • Lecture Papers National Published Articles
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Lecture Papers
    • Lecture Papers National Published Articles
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERANCANGAN SPECIAL OCCASION WEAR PRIA MENERAPKAN KONSEP GENDER-FLUID DENGAN TEKNIK FABRIC MANIPULATON

    Thumbnail
    View/Open
    Abstract (288.9Kb)
    Content (4.886Mb)
    Plagiarism (9.862Mb)
    Date
    2023
    Author
    Cornelia, Natasya
    Gondoputranto, Olivia
    Githapradana, Dewa Made
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Stereotip gender menjadi bagian utama masyarakat dan budaya yang berkaitan dengan seksualitas, dengan stigma terhadap pria berbusana feminin yang masih kuat. Namun, semakin luasnya pergeseran budaya memberi lebih banyak kebebasan dalam hidup, salah satunya fashion kontemporer sebagai bentuk ekspresi diri yang tidak terikat dengan identitas gender. Menswear kontemporer telah mengalami perubahan signifikan dalam beberapa tahun terakhir, menggabungkan elemen desain feminin tradisional sebagai bentuk ekspresi gaya. Fenomena ini dimaknai sebagai “gender-fluid” fashion yang menggunakan metode kualitatif mengambil model Design Thinking dengan memperoleh data melalui observasi dan wawancara mendalam terhadap kelompok narasumber ahli dan konsumen. Hasil implementasi pada perancangan menghasilkan koleksi gender-fluid special occasion menswear bergaya avant-garde untuk menentang stereotip menswear dan maskulinitas tradisional dengan siluet inovatif mulai dari detail struktural atau dekoratif hingga warna, kain, dan fabric manipulation. Perancangan koleksi menerapkan konsep tren gender-fluid mampu menjawab permasalahan sosial, seperti kebebasan berekspresi, kepercayaan diri, kreativitas dalam berbusana, serta menentang gagasan tradisional gender dan fashion tanpa menghilangkan hubungan di antara keduanya, tetapi dengan menciptakan persepsi yang lebih multidimensi. Gen Z dan Millennials sebagai generasi terbuka dan perilaku membeli yang materialistis dan instan sesuai dengan target bisnis rental and sales yang sustainable secara ekonomi. Perancangan diungkapkan melalui estetika high fashion yang fluid dan ekspresif.
    URI
    https://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/8025
    Collections
    • Lecture Papers National Published Articles

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire