NETWORKING SEBAGAI FAKTOR PENDORONG KINERJA USAHA STARTUP BISNIS
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk melihat sejauh mana usaha start up bisnis menggunakan networking untuk meningkatkan kinerja usaha mereka. Penelitian ini menggunakan para pelaku usaha start up bisnis dari mahasiswa Universitas Ciputra sebagai sampel penelitian. Sampel akhir penelitian yang digunakan sebanyak 72 bisnis dengan kriteria bisnis yang sudah berjalan selama 2 tahun tanpa melakukan bisnis ulang dan membukakan laporan keuangan selama 2 tahun. Penelitian dilakukan dengan menggunakan regresi untuk melihat pengaruh networking yang diukur dengan network formal, informal, range, dan intensity dan kinerja usaha. Hasil penelitian menunjukkan network informal tidak berpengaruh terhadap kinerja usaha sedangkan network informal, intensity, dan range tidak berpengaruh terhadap kinerja usaha start up bisnis. Hasil penelitian ini memperkuat dukungan bahwa dalam usaha start up bisnis, social capital memegang peranan dalam tahap awal perkembangan suatu bisnis yang dalam penelitian ini adalah network informasi.

