FAKTOR KESUKSESAN BISNIS START-UP DI SURABAYA
Abstract
Universitas Ciputra merupakan salah satu perguruan tinggi yang
menerapkan ilmu entrepreneurship dalam kegiatan belajar mengajarnya, oleh
karena itu setiap mahasiswa Universitas Ciputra diwajibkan memiliki sebuah
usaha yang menerapkan konsep – konsep entrepreneurship. Persentase bisnis
mahasiswa yang sukses masih rendah, sedangkan harapannya adalah bisnis-bisnis
lainnya dapat mencapai kesuksesan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui faktor-faktor yang merefleksikan kesuksesan bisnis start-up di
Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
confirmatory factor analysis second order dengan menggunakan program
SmartPLS3. Sampel dalam penelitian ini adalah 90 individual yang tergabung di
dalam bisnis sukses di Universitas Ciputra. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa faktor-faktor yang dapat merefleksikan kesuksesan bisnis adalah etos kerja,
motivasi, disiplin kerja, integritas, keterlibatan kerja, komunikasi, etika bisnis, dan
adaptasi.