IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR KEBERHASILAN BISNIS JASA DI UNIVERSITAS CIPUTRA
Abstract
Keberhasilan bisnis jasa di Universitas Ciputra terhitung hanya dua persen
dari jumlah keseluruhan bisnis jasa di Universitas Ciputra. Kecilnya angka
keberhasilan membuat penulis melakukan penelitian untuk mengetahui faktorfaktor
keberhasilan bisnis yang dijalankan. Faktor-faktor yang mendasari
keberhasilan bisnis jasa adalah inovasi, value, teknologi, pemberdayaan karyawan,
internal marketing, dan customer relationship. Metode penelitian yang digunakan
adalah kualitatif sehingga menghasilkan laporan deksriptif. Penulis telah
melakukan penelitian dengan metode wawancara terhadap tiga narasumber.
Metode analisis data yang digunakan adalah triangulasi sumber yaitu
membandingkan data seluruh narasumber untuk mendapatkan data yang valid.
Hasil dari penelitian adalah keenam faktor keberhasilan bisnis telah dilakukan
oleh narasumber, namun yang menjadi faktor keberhasilan bisnis adalah inovasi,
value, pemberdayaan karyawan, dan customer relationship.
