ANALISIS PENGARUH PROMOSI, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FLETCHER & CO
Abstract
Fashion merupakan sub sektor dominan dalam memberikan kontribusi ekonomi. Salah satu
perusahaan yang bergerak di bidang fashion adalah Fletcher & Co yang memproduksi produk
pakaian khususnya celana jeans dengan konstruksi kuno (vintage). Dalam kegiatan penjualan
produknya Fletcher & Co mengalami fluktuasi penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah promosi, harga dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan
pembelian konsumen Fletcher & Co. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah
konsumen Fletcher & Co yang membeli produk Fletcher & Co dalam satu tahun terakhir
berjumlah 65 orang. Teknik penentuan sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah
sampling jenuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan
data berupa kuesioner yang disebar kepada konsumen Fletcher & Co. Sementara itu, teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa secara simultan variabel promosi, harga dan kualitas produk memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen Fletcher & Co. Pengaruh secara parsial
(individu) menunjukkan bahwa promosi dan harga berpengaruh secara signifikan dalam
mempengaruhi keputusan konsumen Fletcher & Co, sedangkan kualitas produk tidak
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Fletcher & Co.